Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Doclean Laundry di Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.55356/sak.v1i4.35Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan laundry Doclean di kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Doclean Laundry Pekanbaru yang berjumlah 246 orang dan sampel sebanyak 71 responden dengan menggunakan teknik sampling insidental. Analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier sederhana dan data dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 16.0. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Doclean Laundry di kota Pekanbaru memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,328. Artinya variabel kepuasan pelanggan (Y) dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan (X) sebesar 32,8% sedangkan sisanya sebesar 67,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Variabel kualitas pelayanan (x) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (y) dengan koefisien regresi sebesar 0,649 yang menunjukkan bahwa apabila kualitas pelayanan meningkat sebesar 1 satuan maka variabel kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 0,649, hal ini berarti semakin tinggi kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula kepuasan pelanggan. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung (5,802) > ttabel (1,667) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.