Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Ferra Hijab Pekanbaru

Authors

  • Richa Afrian Munthe Institut Teknologi dan Bisnis Master
  • Darius Zega Institut Teknologi dan Bisnis Master

DOI:

https://doi.org/10.55356/sak.v1i4.31

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Hijab Ferra Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan pada Toko Hijab Ferra Pekanbaru yang berjumlah 92 orang. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t dan R2. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas (independent variable) dengan variabel terikat (dependent variable). Berdasarkan hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai korelasi R = 0,662 yang menunjukkan adanya hubungan yang erat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada Toko Hijab Ferra Pekanbaru. Sedangkan R square diperoleh 0,416 yang berarti bahwa kualitas pelayanan memiliki kontribusi kontribusi sebesar 41,6% terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Hijab Ferra Pekanbaru. Secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Toko Ferra Hijab Pekanbaru dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Persamaan regresi linier sederhana adalah sebagai berikut: Y = 6,597 + 0,466X.

Downloads

Published

2022-10-31