Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Rambutan
DOI:
https://doi.org/10.55356/sak.v1i4.25Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan Rambutan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan variabel bebas kualitas pelayanan dan harga sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Sampel penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang makan di rumah makan rambutan. Sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling - accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan langsung kepada pelanggan yang makan di Rumah Makan Rambutan sebanyak 97 kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung sebesar 4,089 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,984 dengan taraf signifikan 0,000 > 0,05. Harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung sebesar 3,500 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,984 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Rambutan dengan nilai F hitung sebesar 27,049 sedangkan F tabel sebesar 3,09 dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan hasil koefisien determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,357 atau 35,7%, hal ini berarti sebesar 35,7% variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel kepuasan konsumen dan harga, sedangkan sisanya sebesar 64,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti