Pengaruh Arus Kas Operasi Dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minum Yang Terdaftar Di BEI (Studi Kasus Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Periode 2013-2020)
DOI:
https://doi.org/10.55356/sak.v1i2.16Keywords:
Arus Kas, LabaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur. Sampel penelitian ini adalah 100 orang. Teknik data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPPS 17. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel harga dengan nilai t-hit sebesar 2,559 dan menilai t-tab sebesar 1,660 sehingga t-hit > t-tab atau 2,559 > 1,660 dan tingkat signifikansi sebesar 0,012 < 0,05 yang artinya harga secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur. Promosi Sedang dengan nilai t-hit sebesar 4,774 dan nilai t-tab sebesar 1,660 sehingga t-hit > t-tab atau 4,774 > 1,660 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya promosi secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur. F-Hit sebesar 46,154 sedangkan F-Tab sebesar 3,09 dengan df pencacah = 2, df penyebut = 97 dan taraf signifikan α = 0,05 sehingga F-Hit > F-Tab. Dengan demikian maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara harga dan promosi dengan volume penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur. Kesimpulannya adalah Nilai Adjusted R Square sebesar 0,477 atau sebesar 47,7% hal ini berarti 47,7% dari variabel volume penjualan dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel harga dan promosi pada PT. Indofood Sukses Makmur.