Pengaruh Profitability Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Industry Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2015-2019)
DOI:
https://doi.org/10.55356/sak.v1i2.15Keywords:
Profitability, Dividen KasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitability dengan menggunakan variabel Return on Equity (ROE) terhadap dividen kas. Penelitian ini meneliti variabel independen, yaitu profitability yang diambil dari ROE (Return on equity), dan varibel dependen, yaitu Dividen Kas. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor Consumer Goods Industry yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Penelitian dilakukan pada 53 perusahaan sektor Consumer Goods Industry dan hanya ada 5 perusahaan yang memenuhi kriteria pengambilan sampel. Data penelitian adalah data sekunder berupa laporan keuangan 5 perusahaan sektor Consumer Goods Industry yang diterbitkan di BEI. Penelitian menganalisis hubungan antara kinerja keuangan dengan variabel Retrun on Equity (ROE) dengan Dividen Kas. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil uji secara parsial (Uji t) diperoleh Return on Equity (ROE) diketahui t-hitung (6,235) < t-tabel (2,0687) dan Sig. (0,00) <0,05 yang artinya variabel Return on Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap dividen kaspada Perusahaan Consumer Goods Industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Hasil uji Regresi linier sederhana adalah Y = 50,194+ 4,875X1 + e, diketahui nilai konstanta (a) sebesar 50,194 dan nilai variabel ROE sebesar (4,875) dimana setiap peningkatan ROE satu satuan akan meningkatkan nilai dividen kas sebesar 4,875. Hasil uji R Square diketahui nilai R Square sebesar 0,628 atau 62,8% yang artinya variabel ROE hanya mempengaruhi dividen kassebesar 62,8%. Siasanya sebesar 37,2% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.